Thursday, September 4, 2008

Memaknai Daun yg Jatuh


Setiap yang terjadi di dunia ini tidak terlepas dari izin Tuhan. Begitupula dengan jatuhnya daun dari pohonnya. Tak terkira kuasa Tuhan untuk bisa mengizinkan milyaran daun yg jatuh pada setiap detik di dunia ini, Subhanallah... Daun jatuh itu merupakan sebuah fenomena besar menurut saya. Dari sini kita bisa memahami banyak hal, diantaranya :
  • Jatuhnya daun tersebut mengartikan bahwa seseorang bisa jatuh kapan saja dari posisinya dari jabatannya, dari kebahagiaannya, dari kesehatannya. Tidak berarti karena daun itu sudah tua saja kan? bisa saja karena tertiup angin. Manusia pun bisa jatuh kapan saja, dalam waktu dan sebab yang tidak terpikirkan sebelumnya.
  • Daun itu tumbuh dari pohon yang kecil yang rendah dekat dengan tanah sampai akhirnya tumbuh tinggi. Tetapi akhirnya daun-daun itu pasti akan jatuh, kalaupun tidak, mungkin akan layu bersama matinya pohon tersebut. Ini memperingatkan kita tentang kematin yang pasti akan datang kepada siapa saja
  • Makna terbesar yang didapat dari fenomena ini tentu bahwa jatuhnya daun ke tanah mengartikan adanya gravitasi. Dan inilah yang membuka ilmu pengetahuan, bayangkan jika Issac Newton tidak memaknai jatuhnya daun, mungkin sampai saat ini kita masih hidup dalam kebodohan
Saya kira masih banyak makna yang tersembunyi, terkadang hal kecil yang kita sepelekan sebenarnya menyimpan rahasia besar, atau mungkin, merupakan sumber ilmu pengetahuan bru.

No comments: