Sunday, March 18, 2012

"Terbaik menurut Allah"

“Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keseimbangan/keadilan).Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu.Dan tegakkanlah keseimbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu. QS. 55:7-9
Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? QS. 67:1-3


Allah telah menciptakan segala sesuatu dengan seimbang, jika hanya satu kalimat ini saja yang terbaca, maka kebanyakan orang termasuk saya, hanya akan berkata ya, lalu memutar arah memperhatikan hal lain, dan kemudian melupakan kalimat tersebut. Tapi kali ini saya benar-benar meresapi kalimat Illahi ini. Kalimat yang jelas terpatri dalam Al Quran. 


Kita semua tahu, Allah selalu memberikan yang terbaik untuk umatNya, Allah selalu mendengarkan doa hamba-Nya. Tapi pernahkah kita sadar, ketika Allah memberikan kita sesuatu, itu akan berkaitan dengan makhluk-makhluk lainnya? Kita hanya berpikir, allah akan memberikan yang terbaik untuk kita, tanpa kita perhatikan bahwa Allah telah merancang suatu sistem (atau apapun namanya, wallahualam) yang subhanallah luar biasa, ketika satu hal diberikan, maka ini akan sangat berkaitan dengan kebaikan  makhluk-makhluk lainnya.


Contoh,
kita minta diberi rezeki. Rezeki diberikan Allah tidak dalam bentuk uang, tapi dalam bentuk makanan seperti ayam goreng. Ketika Allah memutuskan untuk memberikan rezeki kepada kita, pernahkah kita terpikir, mengapa allah memberikan ayam goreng ini? Ada cerita apa di balik ayam goreng ini? apakah allah justru ingin tukang ayam goreng yang diberi rezeki lewat kita? dengan memakan ayam goreng ini, apa yang akan terjadi dalam tubuh kita? setelah ayam ini habis, apa yang akan terjadi pada tulang-tulang ayam ini? apakah dimakan kucing? atau membusuk diurai bakteri-bakteri dalam tanah? Apakah ada kaitannya waktu pemberian ayam goreng dengan cuaca pada hari tersebut? Seandainya ayam goreng ini diganti dengan dagin sapi, apa yang akan terjadi dengan tukang ayam goreng?

bukan, bukan saya bermaksud memikirkan hal hal yang tidak seharusnya kita pikirkan, hanya saja ini benar-benar hal yang luar biasa. Allahuakbar!
Ketika Allah memutuskan sesuatu hal, maka ada banyak sekali hal-hal terkait dengan itu.
Sementara apa yang kita lakukan ketika berdoa?
hanya memikirkan hal yang terbaik untuk kita saja?iya kan?


saya pun begitu, saya pun masih terus memikirkan diri sendiri. 

Dengan renungan yang sangat sedikit ini, saya harap kita sama sama belajar, bahwa Allah Sang Maha Besar, akan memberikan yang terbaik untuk kita, dalam sudut pandangNya, dalam sistem keseimbanganNya yang tidak dapat dipahami oleh manusia, wallahualam . 




No comments: