Wednesday, June 4, 2014

4 Profesi untuk Kamu yang Suka Menulis

Dulu saya berpikir kalau hobi menulis itu, masa depannya ya menjadi penulis yang menerbitkan buku. Puncak karir seseorang yang bisa menulis itu adalah buku yang dilahirkannya menjadi best seller, dan difilmkan. Sempit sekali pemikiran saya itu. Padahal, penulis bukan berarti harus menulis buku. Penulis tidak memerlukan pendidikan professional seperti dokter, notaris, atau psikolog. Meski bukan lulusan jurnalistik atau bahasa, semua orang sepertinya bisa menjadi penulis.

Buat kamu yang juga hobi menulis, ada banyak banget lapangan pekerjaan yang bisa mewadahi hobi kamu menjadi sumber pendapatan. Di bawah ini saya tulis beberapa contoh pekerjaan yang mungkin cocok dengan karakter tulisanmu.

1.       Content Writer
Pesatnya pengaruh internet sekarang ini membuat situs-situs di internet semakin berkembang. Setiap perusahaan, toko, atau lembaga tertentu sepertinya wajib punya profile website di internet. Nah, ini jadi lahan baru juga bagi penulis. Setiap website pasti butuh tulisan kan. Content Writer baru baru ini banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan. Kerjanya bisa beda-beda di setiap perusahaan. Tapi percaya deh, setiap corporate pasti butuh content writer.

2.       Journalist
Yang suka lalu lalang baca berita, harusnya tahu fungsi jurnalis. Idealnya, jurnalis ini lulusan jurusan komunikasi prodi jurnalistik ya. Tapi kenyataannya, banyak banget jurnalis bukan dari jurusan tersebut (saya juga, ehm). Jurnalis ini inti kerjanya adalah mengumpulkan informasi untuk ditulis dalam sebuah berita di media, baik media cetak, media elektronik, maupun media internet. Jadi, bagi yang tertarik dengan dunia media dan hobi menulis, mungkin menjadi jurnalis adalah pilihan yang tepat.

3.       Copywriter
Copywriter lebih banyak dikenal di dunia agency. Iklan-iklan yang terpajang di billboard, di televisi, atau di radio pasti butuh tulisan. Copywriter di sebuah agency punya gengsi tersendiri. Karena kemampuan untuk membuat campaign tertentu dan menulis tulisan provokatif itu ternyata tidak gampang. Punya keterampilan untuk menjadi copywriter? Masuk ke dunia agency (yang katanya padat waktu ini) boleh dicoba lho.

4.      Scriptwriter
Penulis naskah. Ini juga menarik sekali untuk kamu yang hobi menulis fiksi. Naskah memiliki fungsi yang sangat besar dalam dunia perfilman atau televisi. Ilmu mengenai scriptwriter ini sebenarnya bisa ditemui di jurusan komunikasi, atau desain komunikasi visual juga ada. Tapi nggak menutup kemungkinan bagi siapapun untuk bisa bergabung di sini.


Sebenarnya tidak hanya empat poin di atas, tapi masih banyak lagi peluang yang bisa kamu dapatkan dengan kemampuan menulis. Yang tak kalah penting adalah memahami jenis atau karakter tulisan kamu itu seperti apa. Apakah lebih senang menulis fiksi, non fiksi, berita, atau naskah. Dengan ini, kamu bisa lebih mengoptimalkan karya kamu di bidang kepenulisan. Semangat selalu ya kamu, and happy writing!

No comments: