Saturday, November 12, 2016

Sudah Cukup Berhati-hatikah Kamu saat berkendara?



Kita sering mendengar ungkapan, “Hati-hati sama ibu-ibu yang naik motor sen kanan tapi belok kiri.” Ungkapan ini jelas terdengar sebagai sesuatu yang negatif, meski mungkin ini adalah sesuatu yang lumrah terjadi di sekitar kita.

Sebagai seorang perempuan, sebenarnya saya agak sedih dengan ungkapan tersebut. Karena suatu hari nanti saya akan menjadi ibu-ibu. Saya juga akan menjadi pengguna kendaraan, baik yang menyetir ataupun hanya penumpang. Sampai kapan ungkapan negatif tentang ibu-ibu naik motor ini akan eksis di dunia? Haruskah kita diam saja?



Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia. Setiap 1 jam, terdapat 3 orang meninggal dunia karena kecelakaan. Serem ya? Apalagi jumlah pengendara perempuan baik motor maupun mobil, terus meningkat hingga 42% dalam tiga tahun terakhir. Sementara angka kecelakaan yang melibatkan perempuan bermotor meningkat hingga 49,5% (data Korlantas 2014). Artinya, angka pertumbuhan kecelakaan melaju lebih cepat dibanding angka pertumbuhan.


Sebuah survey yang dilakukan oleh Queenrides terhadap 800 lebih perempuan yang berkendara di Indonesia, menyebutkan bahwa 80% wanita berkendara untuk mencari nafkah untuk keluarganya.

Bisa dibayangkan pentingnya safety riding bagi wanita. Karena menjaga wanita, sama dengan menjaga seorang ibu. Menjaga seorang ibu sama dengan menjaga sebuah keluarga. Isu ini sudah seharusnya ditangani dengan baik oleh pemerintah dan kepolisian. Tapi apapun solusi dari mereka, saya rasa semua berbalik kepada diri kita masing-masing.


Untuk itu , saya sangat mendukung penuh campaign #womenridesafe yang dinisasi oleh Queenrides. Sebuah gerakan yang mengajak seluruh wanita untuk lebih berhati-hati dalam berkendara. Gerakan ini secara resmi akan diluncurkan pada tanggal 20 November 2016.



Queenrides sendiri sudah sangat concern dengan edukasi safety riding untuk wanita. Dari Januari 2016 hingga hari ini (awal November), dengan pengelolaan bisnis yang professional dan tanpa donasi, Queenrides sudah memiliki lebih dari 200 ribu komunitas online offline tersebar di seluruh Indonesia. Queenrides juga sudah mengadakan 15 kali aktifitas offline mengedukasi sekitar 1000 perempuan. Dari yang semula hanya lingkup kecil, Queenrides terus bergerak menjangkau lebih banyak perempuan dengan mengadakan edukasi Office to Office bahkan Mal to Mal.

Kamu juga bisa menjadi bagian dari pergerakan ini. Registrasikan dirimu di
www.queenrides.com/womenridesafe terlebih dahulu. Jika kamu beruntung, nanti akan dapat email undangan dari Queenrides ya. 

Once again, yuk lebih berhati-hati berkendara. Ingatkan selalu semua wanita yang kamu sayang (kakak, ibu, tante, teman, dan tentunya kamu sendiri) untuk lebih cermat dalam berkendara!


No comments: