Sunday, January 1, 2017

Selain Membuat Resolusi, ini 5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan di Tahun Baru




So let's start withh happy new year 2017!!
Selamat tahun baru bagi yang merayakan! Meskipun sebenernya saya masih wondering dari kemarin, kenapa ya tahun baru itu diselametin? Apa ada suatu kemenangan, keberhasilan, atau kenapa sih? Well, sudahlah itu bukan bahasan di postingan kali ini. Sebaiknya kita mengambil hal-hal positif dari keramaian tahun baru.

Biasanya di tahun baru, orang berbondong-bondong membuat resolusi. Bisa kita lihat di timeline social media kita. Resolusinya pun macam-macam, ada yang tampak realistis ada pula yang hanya teoritis.

Nah, yang kali ini akan saya bagi bukanlah resolusi lagi. Saya percaya kamu dan semuanya punya resolusi masing-masing yang baik. Kali ini, saya akan berbagi pendapat tentang apa saja sih yang sebaiknya kita lakukan di awal tahun 2017 selain membuat resolusi?


1. Mengecek tanggal kadaluarsa

Berganti tahun, berarti ada beberapa barang kita yang mungkin memasuki tanggal mati fungsi alias kadaluarsa. Yuk cek barang-barang kita mulai dari makanan, kosmetik, hingga dokumen seperti pasport dan ktp.

Sebagai seorang perempuan yang pastinya punya alat kecantikan, saya pun punya beberapa alat kosmetik yang tersimpan cukup lama karena jarang dipakai. Contohnya seperti eye shadow, blush on, lipstik, dan foundation. Coba kamu cek juga barang-barang ini yang biasanya agak awet dipakai. Normalnya, kosmetik mempunyai daya tahan fungsi hanya 2 tahun saja.

2. Mengembalikan barang pinjaman

Ada yang sering skip mengembalikan barang pinjaman? Saya biasanya meminjam barang saat keadaan darurat, misalnya pinjam baju saat menginap di rumah teman, atau sesepele pinjam pulpen di kantor. Coba cek barang-barang di lemari atau desk kamu. Jangan sampai barang pinjaman yang lupa dikembalikan ini menghambat rezeki kamu di tahun 2017.

3. Membayar utang

Ini mirip-mirip sama poin sebelumnya. Yang saya maksud di sini bukan utang usaha, utang KPR, cicilan mobil, atau utang ke investor yang mungkin butuh waktu yang panjang untuk melunasinya. Coba ingat-ingat utang kecil yang kita miliki seperti dibayarin makan siang sama teman, pinjam uang receh untuk ongkos, dan sejenisnya.

Mungkin saja jumlah rupiah tersebut tak terlalu besar untukmu dan bisa kamu lupakan dengan mudah. Tapi bagi orang yang kamu pinjami? Jangan menunggu ditagih. Karena orang yang nggak enakan nagih utang itu masih banyak lho di Indonesia.

4. Medical check up

Sounds so serious huh? Yap, judulnya kalau berbau medis itu memang terdengar serius. Tapi sebenarnya ini tak kalah penting dengan yang lain. Tak ada salahnya melakukan cek up rutin kesehatan kita. Kalau saya sih memang pemalas kalau untuk pergi ke lab dan melakukan check up keseluruhan di lab. Biayanya pun tidak murah.

Setidaknya kita bisa melakukan cek up sederhana di klinik tertentu. Misalnya mengecek gula darah, tekanan darah, berat badan dan tinggi badan. Atau di tempat-tempat tertentu biasanya ada yang menyediakan cek kondisi badan pakai alat tertentu sehingga kita bisa tahu apakah tubuh kita kelebihan lemak, atau otot kita kurang kuat. Tahun lalu saya cek, lemak di tubuh saya masih normal, berat badan normal, kolesterol normal, tapi untuk otot kurang kuat sehingga disarankan untuk melakukan latihan cardio (tapi ya belum dilakukan juga sih sampai sekarang, Lol, but at least tau apa yang dibutuhkan kan?)

5. Membuang barang yang tidak lagi dibutuhkan

(Termasuk kenangan pahitmu itu). Lol
Simple dan sebenarnya bisa kita lakukan kapan saja. Tapi tak ada salahnya dilakukan di awal tahun yang semangatnya masih berkobar ini. Recheck isi dompet yang biasanya menyimpan banyak struk tak terpakai, buka isi kulkas yang biasanya menyimpan makanan sisa atau sayuran yang sudah mengering, buka lemari berkas yang mungkin menyimpan kertas-kertas yang tak lagi terpakai.

Bagaimana? Merasa lebih "ramping" dan "lega" setelah melakukan hal-hal di atas?
Yes, semoga tahun ini memberikan banyak hal baik untuk kita semua ya! Terima kasih sudah berkunjung ke sini :)


7 comments:

suria riza said...

Beli kalender .____.

Silmya said...

Haha bener! Tapi kebiasaan liat kalender di hape :|

Hairi Yanti said...

Di hape saya kalendernya ga ada libur nasional. Hehehe.. Belum punya kalender juga. Btw.. Mengecek tanggal kadaluarsa itu emang penting banget. Belum saya cek nih.

Dewi Nielsen said...

Bener ya..kita hrs check up. Penting banget yang satu ini ya karena kesehatan mahal harganya.

prana ningrum said...

wah setuju banget nih mbak...membuang semua hal yg tidak berguna termasuk kenangan buruk noted banget

brina shabrina said...

((((Termasuk kenangan pahitmu))) 😂😂😂

brina shabrina said...
This comment has been removed by the author.