Friday, May 12, 2017

Review Gastromaquia : Menu Khusus untuk Bulan Ramadhan


Tampak depan, resto Gastromaquia sudah mencuri atensi. Tampilannya seperti toko di kawasan Eropa, memiliki kanopi dan papan tulisan menu. Suasananya juga cukup sejuk meskipun berada di jantung Kota Jakarta. Jalan Ciniru di kawasan Senopati ini memang terbilang rimbun dan tidak berisik. Jadi tak heran jika kawasan ini ditempati beberapa kafe dan resto.






Saat pintu utama dibuka, langsung terdengar musik mengalun. Saya tak hafal lagu siapa itu, tapi bisa saya simpulkan lagu tersebut sangat Eropa, lebih tepatnya sangat Spanyol meski tak berbahasa Spanyol. Saya naik ke lantai dua dan dapat tempat duduk di dekat jendela. Spot yang tepat untuk mengambil foto makanan.





Secara interior ruangan ditata cukup minimalis. Permainan interior ada pada hiasan dinding. Di lantai bawah ada cermin Marocoan yang ditata di dinding. Lantai dua dibuat lebih hommy dan "dapur banget". Saya terkesan dengan lampu yang dihias sendok dan kaca, sesuatu banget.

Saya disuguhkan beberapa menu yang akan launching Bulan Ramadhan. Senang sekali rasanya jika banyak resto yang mulai "melek" memberikan sajian khusus untuk kami yang berpuasa. Buku menu didominasi oleh masakan Spanyol, meski ada beberapa masakan nusantara yang bisa jadi pilihan seperti kari khas Aceh dan Sate Maranggi.




Karena ini resto Spanyol, maka pilihan saya langsung jatuh pada beberapa menu makanan asing yang belum saya coba sebelumnya, yaitu Seafood Fideua, Arroz Negro, Chicken Sambal Matah, dan dessert Homemade Vanila Ice Cream

Seafood Fideua // 95K


Pasta khas spanyol ini memiliki tekstur seperti spageti tapi lebih keras dan potongannya lebih pendek. Umumnya Fideua yang berasal dari Valencia ini kental dengan rasa lemon dengan tambahan ikan laut dan kerang-kerangan. Tapi, di Gastromaquia rasanya lebih asam saos tomat dan pedas paprika. Pasta ini juga dipenuhi cumi dipotong kecil, dan ada sedikit kerang.

Tapi saya pribadi tetap suka dengan rasa seperti ini. Apalagi ditambah garnish potongan cumi dan udang yang cukup besar. Fresh sekali, dimasak dengan kematangan yang tepat.

Arroz Negro // 95K


Tampilan nasi hitam ini merupakan gabungan antara beras hitam dan tinta cumi-cumi. Ada juga sajiannya yang tak pakai beras hitam. Di Gastromaquia, sajian Arroz Negro ini dibeli sedikit mayonaise sebagai hiasan, garnish cumi-cumi, dan udang segar. Rasanya menurutku agak asin. Asinnya beda sih, sepertinya pakai sea salt bukan asin garam biasa atau mecin. Nasinya terasa gurih. Ini pas banget menurutku untuk buka puasa.

Yang paling saya suka adalah cumi dan udang segar di atasnya. Sama seperti Seafood Fideua, sajian cumi dan udangnya dimasak dengan kematangan sempurna.

Chicken Sambal Matah // 78K


Satu-satunya menu Indonesia yang saya pilih di sini. Jadi ini adalah sambal matah dicampur ayam suwir agak kering. Sambal matahnya seger banget, jeruknya terasa. Tapi sepertinya minus terasi. Jadi kurang "kental", tapi berita bagus buat kamu yang kurang suka bau terasi. Sementara rasanya menurutku harus banget disandingkan dengan nasi karena kalau enggak akan terasa sangat asin. Tapi kalau sudah dicampur dengan nasi hangat, nyumm siap siap merem melek.

Well, untuk saya yang tak terlalu suka pedas, Chicken Sambal Matah ini cukup pedas. Jadi untuk kamu yang juga nggak kuat pedas mungkin bisa sedikit waspada. Tapi overall, saya suka sajian yang satu ini.

Orange Juice // Im sorry im forget, but maybe it's around 25K


Menu minuman khusus buka puasa di sini ada Orange Juice dan Sweet Ice Tea. Orange Juice nya sendiri terasa lebih ke sirup jeruk, jadi bukan jus asli. Tapi seger banget kalau dicicipi pas buka puasa. Kalau mau minuman yang lain juga masih banyak. Saya sarankan coba dessert-nya. Saya bahas di poin berikutnya ya.

Homemade Vanilla Ice Cream // 50K


Ice Cream homemade ini memang rasanya unik dan enakk banget. Well, sesuatu yang saya belum pernah rasakan di tempat ice cream lainnya. Saya tidak bisa menjelaskan detail rasanya, yang pasti vanilanya kental banget.

Begitulah kira-kira review makanan yang saya coba di Gastromaquia. Oya, di lantai dua juga ada beranda. Jadi mungkin bisa dipilih untuk tamu yang merokok. Pemandangannya hijau dan bikin adem. Tapi kalau siang agak panas, ya namanya juga Jakarta.



Well, kurangnya menurut saya adalah tidak ada mushola. Mungkin khusus Ramadhan nanti akan disediakan ya. Perhaps, semoga saja.

Semoga informasi ini bisa membantu. Kunjungi langsung tempatnya di alamat di bawah ini, atau lihat-lihat dulu Instagram-nya di @Gastromaquia.

Alamat Gastromaquia Jakarta
Jl. Ciniru I No. 1, Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Buka hari Senin-Kamis 11.00-22.00
Buka hari Jumat-Minggu 11.00-23.00
No Telp (021) 29305091

me, too happy to eat all of 'em



No comments: