Resep Es Teh Sereh Madu


Sejak #selfquarantine berminggu-minggu lalu, aku jadi lebih sering di dapur. Nggak cuma buat nyiapin makan siang dan malam, tapi juga camilan hingga minuman. Sebenarnya nggak nahan diri buat nggak jajan, tapi buat meminimalisir masuknya benda luar ke rumah, aku sebisa mungkin masak sendiri di rumah.

Kalau di kantor, jam-jam sore jadi waktu krusial. Jam-jam ajakan jajan mulai datang. Mulai dari boba, es kopi susu, macam-macam. Saat WFH (working from home), keinginan itu nggak surut pemirsa. Jam krusial itu tetap datang. Saat itulah aku nyari racikan minuman yang cocok di lidah sampai akhirnya nemu Es Teh Sereh Madu.

Ini bukan sesuatu yang baru. Tapi aku pribadi nemu sendiri racikannya. Karena sering aku post di Instagram, banyak temen-temen yang bikin juga es teh sereh ini. Happy banget kok ya aku berasa jadi influencer, lol.

Cara membuatnya memang nggak ribet. Ini resep es teh sereh madu buat kamu coba juga di rumah.



Bahan:
1 Batang Sereh ukuran besar
500 ml air mineral
2 sdm madu (atau lebih sesuai selera)
1 teh celup



Note: Buat rasa yang lebih spesial, kamu bisa pakai teh dengan infuse buah-buahan. Aku pakai Dilmah Blackcurrant. Tapi pakai teh tanpa rasa-rasa juga oke kok. Dengan begitu, kamu akan menonjolkan wangi serehnya.



Cara Membuat:
1. Geprek sereh, lalu iris-iris sepanjang kurang lebih 2 cm.
2. Masukkan air ke dalam panci, rebus hingga mendidih. Setelah itu, masukkan sereh, rebus kembali.selama kurang lebih 15 menit atau hingga sereh berubah warna.
3. Matikan api, masukkan teh celup. Tambahkan madu, aduk rata.
4. Diamkan sesaat. Kamu bisa menyajikannya saat hangat, atau masukkan dulu ke dalam kulkas selama kurang lebih 3 jam untuk rasa yang lebih segar.

Note: Aku pribadi lebih suka dimasukkan ke kulkas dan didinginkan dibandingkan ada tambahan es batu. Karena rasanya jadi lebih kental. Tapi, kalau kamu mau menambahkan es batu, pastikan rasa manis dan kekentalan tehnya disesuaikan juga ya.




Saking sukanya, aku sempat bikin versi lebih jumbo. Takarannya dua kali lipat. Jadi rasanya tetep pekat.
Es teh sereh madu lumayan membentengi keinginan buat jajan boba, atau es kopi susu. Tapi jangan sampai menggantikan air putih ya. Biasanya aku minum abis makan siang. Diminum saat dingin, so refreshing and chill.

Yang mau nyoba juga, silahkan ya, please tag my Instagram @silmiaputri kalau mencoba resep ini. Thank you!

Tags:

Share:

1 komentar